by. alif Purwanto
Mempelajari dunia seni secara mendalam perlu sebuah dasar yang melandasinya yakni pemahaman terhadap definisi seni itu sendiri. Melalui pemahaman dari arti kata dalam dunia seni itu sendiri, kita akan dengan mudah memahami maksud, tujuan, dan semua hal terkait seni lainnya serta manfaat belajar seni. Salah satu istilah yang sering dan butuh pemahaman terhadap pengertiannya adalah seni budaya.

Seni budaya merupakan sebuah frasa kata yang tersusun dari kata seni dan kata budaya. Seni berasal dari kata sani dalam bahasa sansekerta yang berarti pemujaan, persembahan, pelayanan. Sedangkan budaya berasal dari kata buddhayah dari bahasa sansekerta yang berarti akal atau budi. Dalam perkembangan yang ada, kata seni dan budaya memiliki banyak arti yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Dari pengertian yang dikemukakan oleh beberapa ahli tersebut, dapat ditarik sebuah kesatuan definisi yang lebih mudah. Seni adalah Segala sesuatu yang sengaja dibuat manusia dengan menyatukan beberapa unsur kedalam sebuah bentuk untuk menghasilkan keindahan yang dapat dirasakan oleh orang lain. Dan Budaya adalah akal atau budi yang digunakan oleh manusia dan diturun temurunkan secara berkelanjutan.

Dari pemahaman setiap kata yang membentuk frasa seni budaya, dapat digabungkan menjadi satu kesatuan. Seni Budaya berdasarkan asal frasa katanya adalah Setiap karya yang sengaja dibuat melalui penyatuan berbagai unsur berdasarkan akal dan budi yang dimiliki sekelompok masyarakat serta digunakan dan diturunkan dari masa ke masa secara berkelanjutan. Untuk dapat lebih mendalami pengertian seni budaya, kita bisa memahami beberapa pengertian berikut menurut para ahli seni dan bahasa indonesia.

  1. Harry Sulastianto Salah seorang dosen seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia menerangkan pengertian seni budaya adalah sebuah keahlian dalam aktivitas mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika, termasuk mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan atas bebeberapa benda, karya, atau pun suasana, yang dapat menghadirkan rasa indah dan menciptakan peradaban manusia yang lebih maju.
  2. Sartono Kartodirdjo Sejarawan indonesia yang dikenal sebagai pelopor dalam penulisan sejarah dengan pendekatan mutlidimensi menyebutkan seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalui satu bagian seni yang dapat menunjukkan keseluruhan maksudnya.
  3. Ida Bagus Putu Perwita Seorang tokoh seni yang berasal dari pulau dewata bali mengungkapkan pengertian seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.
  4. M. Thoyibi Seorang filsuf yang cukup berpengaruh di indonesia menjelaskan seni budaya dapat diartikan sebagai penjelmaan rasa seni yang sudah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan dan diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia. 
Penjelasan terkait pengertian seni budaya yang dijelaskan oleh keempat tokoh tersebut sering digunakan sebagai landasan untuk memberikan pemahaman terkait apa itu seni budaya. Namun penjelasan dari pengertian saja tidak cukup untuk memberikan pemahaman terhadap seni budaya. Untuk lebih memudahkan lagi pemahaman kita terkait dengan seni budaya, mengetahui contoh karyanya akan lebih mengambarkan seni budaya itu sendiri. Beberapa contoh seni budaya yang mudah ditemui adalah sebagai berikut.

Karya Seni Yang ada di Indonesia Link Selanjutnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama