Blog menjadi sesuatu yang semakin populer. Hampir setiap hari akan kita temukan blogger-blogger baru yang memiliki ambisi tersendiri. Mereka memiliki mimpi besar, sebuah tujuan yang ingin dicapai suatu hari nanti.
Memiliki tujuan ngeblog yang jelas akan memudahkan Anda menjadikan nyata tujuan tersebut. Berikut adalah tujuan ngeblog yang paling populer :

1. Untuk Beropini
Anda memiliki sesuatu untuk dikatakan? Blog adalah tempat terbaik untuk menyuarakan unek-unek yang sering menganggu pikiran.
Anda punya pendapat tersendiri tentang berbagai kejadian yang marak terjadi? Misalnya tentang kebijakan ekonomi Indonesia? Atau tentang kematian angeline yang tidak terduga? Anda bisa menuliskan opini Anda jika Anda memiliki sebuah blog.
Mengapa Anda tidak segera memulai sebuah blog dan bergabung dengan jutaan orang lainnya? Tunjukan betapa cerdas dan bijaksananya Anda melalui blog. Jangan tunggu esok hari. Lakukan sekarang juga dan bergabung dengan blogger-blogger cerdas lainnya.

2. Untuk Pemasaran atau Mempromosikan Sesuatu
Blog adalah alat yang paling bagus untuk keperluan pemasaran. Anda tidak akan percaya bahwa blog bisa benar-benar membuat orang membeli produk atau memakai jasa Anda.
Kebanyakan blogger yang memiliki tujuan untuk promosi lebih mudah mendapatkan pembelian daripada mereka yang hanya promosi melalui media offline. Mengapa Anda tidak mencobanya dan mulai memasarkan produk atau jasa Anda melalui blog?
Untuk diketahui, Indonesia memiliki 88,1 juta pengguna yang siap membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Mereka adalah calon konsumen yang cukup menjanjikan. Jangan terlambat untuk promosi melalui blog karena pesaing Anda tidak berpikir dua kali untuk segera memulai blog pertama mereka.

3. Untuk Membantu Sesama
Tujuan ngeblog yang satu ini biasanya dilakukan oleh seseorang yang ahli di bidang tertentu. Mereka bertujuan untuk memberi tahu satu-satunya cara terbaik melakukan sesuatu.
Salah satu contohnya adalah blog dokter. Anda bisa mengakses berbagai macam informasi kesehatan di blog ini. Anda tahu apa kabar baiknya? Blog yang bertujuan untuk menolong sesama selalu GRATIS.
Mereka adalah orang yang berhati mulia. Terkadang, kita benar-benar butuh seorang ahli untuk menjelaskan segala sesuatunya.

Baca Juga : Manfaat Nge-Blog

4. Untuk Membangun Kredibelitas Anda Sebagai Seorang Ahli
Blog merupakan alat yang luar biasa untuk membangun kredibelitas Anda sebagai seorang ahli di bidang-bidang yang spesifik.
Ini berkaitan dengan pekerjaan Anda. Dengan mempublikasikan artikel-artikel tentang apa yang Anda lakukan, orang-orang akan percaya bahwa Anda ahli di bidang tersebut.
Salah satu blogger favorit saya adalah fakhrur roji hasan dengan annual reportnya. Meskipun saya tidak begitu paham dengan annual report, tetapi saya merasa bahwa beliau adalah ahli di bidang tersebut. Anda bisa mengunjungi blognya untuk mengetahui betapa hebatnya beliau menyusun annual report.

5. Untuk Berlatih Menulis
Anda tahu apa yang paling saya sukai dari ngeblog? Itu adalah kebebasan untuk menulis apapun yang saya pikirkan. Ya… Apapun… Termasuk ide paling konyol seperti bagaimana menjadi blogger tidak sukses.
Tujuan utama ngeblog saya adalah berlatih menulis. Itulah mengapa saya tidak membuat blog dengan tema yang spesifik.
Blog gado-gado memberi saya kemudahan untuk menulis di sembarang topik. Jadi, bukanlah suatu masalah besar jika tidak ada yang membaca tulisan saya karena blog ini hanya tempat berlatih menulis. Suatu saat, entah kapan, saya ingin memiliki sebuah blog yang hanya membahas satu tema saja. Mungkin nanti ketika saya sudah mahir menulis. Semoga bisa terwujud.

6. Untuk Berhungan dengan Orang Seperti Anda
Biasanya blogger yang menulis topik spesifik akan dikunjungi oleh orang-orang yang berminat dengan topik tersebut.
Blogger jenis ini hanya memiliki ketertarikan dengan orang yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama. Entah bagaimana, biasanya akan terbentuk suatu komunitas.
Misalkan blog Iwan Banaran, blog ini hanya dikunjungi oleh blogger yang memiliki minat yang sama, yakni tentang sepeda motor. Terlihat jelas jika Anda melakukan klik pada nama-nama di kotak komentar. Inilah kekuatan blogging yang sesungguhnya. Yaitu menciptakan komunitas.

7. Untuk Membuat Perbedaan
Banyak blogger yang mengangkat isu-isu terkini namun menyuarakan pendapat yang benar-benar berlainan dengan pandangan publik. Mereka orang-orang yang memiliki visi yang jelas yakni membuat perbedaan.
Salah satunya adalah mas darmawan. Dalam artikelnya yang berjudul Jangan Buang Waktu Anda untukMelakukan 7 Teknik SEO yang Kadaluarsa ini, mas darmawan berani menunjukan teknik-teknik SEO yang “mungkin” masih dipercayai publik sebagai SEO yang paling baik.
Apa yang dilakukan mas darmawan adalah sesuatu yang sama sekali baru. Tidak banyak yang bisa saya katakan karena saya sendiri masih berpikir apakah benar teknik SEO tersebut sudah kadaluarsa?
Dalam kebingungan yang begitu dasyat, saya terpaksa mencobanya satu persatu pada artikel saya. Di kemudian hari saya akan memberanikan diri untuk menjawab artikel tersebut.

8. Untuk Tetap Berhubungan Dengan Teman dan Keluarga
Dunia seperti ada di tangan Anda. Sejak internet memiliki kemudahan untuk diakses, blog menjadi media untuk berbagi pengalaman, foto, dan video setelah sosial media.
Anda bukan “orang gaul” jika belum memiliki blog. Menemukan teman baru melalui aktivitas blogging bukanlah perkara sulit. Anda tinggal blogwalking, dijamin mereka akan melakukan kunjungan balik ke blog Anda.
Jadi, secara garis besar dapat kita simpulkan bahwa ngeblog adalah ajang eksistensi kita untuk teman atau keluarga. Ingin mencoba berbagi melalui blog? Saya akan memastikan Anda akan mengalami pengalaman yang menyenangkan.

9. Untuk Menghasilkan Uang
Tujuan ngeblog yang satu ini yang paling special karena membutuhkan lebih dari kemampuan menulis.
Anda butuh konsistensi untuk membangun blog yang mampu menghasilkan uang. Sayangnya, tidak ada resep terbaik untuk mengubah blog dalam semalam. Butuh berbulan-bulan sebelum blog benar-benar menghasilkan uang.
Saya sendiri mencoba membuka jasa menulis artikel. Tarifnya minimal Rp 20.000, 00 untuk artikel yang SEO. Panjangnya antara 800 sampai 1200 kata. Saya rasa harga tersebut pantas bagi Anda yang ingin mengelola blog berkualitas.
10. Untuk Bersenang-senang
Banyak blogger yang memulai blog dengan tujuan untuk bersenang-senang menjadi blogger yang sukses.
Kemampuan menulis mereka berkembang pesat karena sering menulis. Tanpa disadari, pengunjung mulai berdatangan dan memberi apresiasi yang lebih.
Saya juga ngeblog untuk bersenang-senang. Ada kegairahan tersendiri manakala saya berhasil menyelesaikan sebuah artikel. Rasanya menyenangkan, seperti candu. Begitu Anda berhasil menyelesaikan suatu tulisan, maka Anda akan lebih bergairah untuk membuat tulisan lainnya.

11. Untuk Arsip Pribadi
Mungkin Anda memiliki pencapaian dalam hidup yang ingin diarsipkan? Menulis segala bentuk pencapaian dalam hidup bisa memberi inspirasi bagi orang lain.
Anda tidak akan percaya bagaimana sebuah cerita mampu terlihat begitu hidup, menginspirasi, dan yang terpenting menjadi pelajaran bagi pembaca.
Mbak alissa adalah contoh yang tepat untuk hal ini. Ia hanya ingin bebas membuat blog sebagai jurnal pribadinya. Beberapa tawaran iklan dan review ditolaknya karena merasa terbebani. Sesuatu yang langka bukan?
Jika itu saya, tentu saja akan menerima tawaran yang menggiurkan semacam itu. Kapan ya… Kira-Kira saya mendapatkan tawaran macam itu? Suatu hari nanti pasti ada. Itu kepercayaan saya. Mungkin harus bekerja lebih keras lagi sebelum mendapat tawaran yang serupa.
Apakah Anda memiliki tujuan ngeblog yang berbeda? Boleh berbagi di kotak komentar yang saya sediakan. Mungkin akan saya tambahkan di list sebagai bonus. Terima kasih atas kunjungan Anda hari ini.
Semoga Bermanfaat !!!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama